Selasa, 07 Agustus 2012

Dahlan Iskan: RI Harus Jadi Negara Maju, Tinggal Kita Sendiri Mau atau Tidak?

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan berharap RI bisa menjadi negara maju suatu saat nanti. Untuk menggapai impian tersebut, Mantan Dirut PLN ini meminta masyarakat meninggalkan kebiasaan buruknya.

"Mau tidak mau RI harus jadi negara maju. Ini sudah keliatan, tinggal dari kitanya mau maju atau tidak?," kata Dahlan ketika ditemui di Rumah Bos Pelindo, Jakarta, Selasa (7/8/2012).

Dahlan mengungkapkan, RI memiliki 136 juta penduduk yang sudah lagi tidak masuk golongan miskin. Sedangkan sebanyak 76 juta masih termasuk golongan miskin. Dalam 10-15 tahun kedepan, Bos Jawa Pos Group ini meyakini penduduk miskin bisa terus berkurang.

"Banyak jebakan yang harus dibuang. Jebakan kita banyak sekali, ini yang harus dibuang," ungkap Dahlan seraya mengibaratkan kemiskinan adalah jebakan.

Selain itu, Dahlan mengatakan ada lagi masalah yang menjadi jebakan. Yakni birokrasi. Ia mencontohkan, proyek kereta api, pelabuhan dan bandara dalam pembangunannya masih terhimpit birokrasi yang buruk.

"Jebakan terbesar adalah birokrasi ini, siapa yang membuang kita masih belum tahu," terangnya.

Menurut Dahlan, terdapat pula ciri-ciri masyarakat Indonesia yang memang kadang menghambat pemerintah untuk terus maju. 

"Pertama, kita tidak mau sabar alias maunya cepat. Kedua, birokrasi kita tidak bisa melayani yang cepat. Dan ketiga, kita tidak mau menderita," tegas Dahlan.

"Untuk itu, kita perlu strong leadership," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar